5 Keunikan Tentang Kampung Inggris Pare kediri

  • by
0
(0)

Keunikan Tentang Kampung Inggris kediri

Ketika mendengar kata “Kampung Bahasa Inggris” mungkin kamu akan berfikir jika ini adalah sebuah kampung dimana tinggal orang-orang bule yang selalu berbicara bahasa Inggris dimana-mana. Atau mungkin berfikir jika semua orang dari anak kecil sampai orang tua, dari penjual bakso sampai penjual soto ngomong bahasa Inggris.

Setidaknya seperti itulah yang banyak diceritakan di media massa baik cetak maupun elektronik. Beberapa benar, namun tidak semua cerita tersebut sesuai kenyataan, bahkan ada yang di lebih lebihkan.

Apa itu Kampung Bahasa Inggris

Kita mulai dari nama “Kampung Bahasa Inggris”. Nama ini sebenarnya bukan nama dari sebuah desa. Dan yang perlu diperhatikan, orang-orang yang tinggal disini adalah asli orang Indonesia.

Jadi, bukannya kampung tempat tinggal orang bule. Ya mungkin ada satu atau dua orang bule yang ada disana. Kalau ada orang bule yang tinggal disana, ya mungkin itu sudah “bule” dari aslinya (keturunan). Yang pasti, pendapat, berita atau ada yang mengatakan bahwa kampung ini adalah tempat para bule itu salah.

Namun nama panggilan yang diberikan pada kampung ini juga bukan tanpa alasan. Karena memang dahulu ceritanya di kampung ini semua orang berbicara dengan bahasa Inggris. Tetapi bukan berarti bahasa Inggris adalah bahasa asli mereka. Tetapi lebih karena banyak orang yang bisa berbicara bahasa Inggris disana. Di Kampung ini memang terdapat banyak sekali tempat untuk belajar bahasa Inggris.

Sampai pertengahan tahun 2011, tercatat terdapat sekitar 100 Lembaga Kursus yang ada di Kampung Inggris. Bahkan kampung ini seperti sudah menjadi tempat untuk belajar bahasa Inggris terbesar di Indonesia. Dengan banyaknya lembaga lembaga tersebut maka tidak kaget lagi jika banyak orang yang berbicara bahasa Inggris dimana-mana, yang tidak lain adalah murid/guru dari lembaga – lembaga kursus di sana.

Kita tidak perlu jauh-jauh ke Inggris atau Amerika jika ingin untuk belajar dan menerapkan bahasa Inggris dalam keseharian.

Karena di Pare, Kediri, Jawa Timur, terdapat sebuah kampung khusus yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Namanya, Kampung Inggris.

Kampung Inggris ini adalah nama untuk dua desa di Pare, yaitu Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Di kedua desa ini ada banyaj orang yang belajar bahasa Inggris setiap tahunnya.

Tempat Kampung Inggris ini cukup strategis. Lokasinya yang berada di tengah-tengah propinsi Jawa Timur, kurang lebih 3 jam ke Surabaya dan 2,5 jam ke Malang.

Ada apa saja sih di Kampung Inggris ini?

Berikut Keunikan Tentang Kampung Inggris kediri

  1. Asal Mula Disebut Kampung Inggris
    • Sebutan Kampung Inggris berasal dari karena banyaknya tempat belajar berbahasa Inggris di sana. Bila dihitung mungkin berjumlah lebih dari 200-an. karena banyaknya lembaga kursus di dua desa inilah disebut kampung Inggris.
    • Berawal pada tahun 1977 berdiri sebuah lembaga untuk belajar bahasa inggris bernama BEC (Basic English Course). Lembaga inilah yang merupakan pelopor munculnya ratusan lembaga kursus bahasa inggris yang ada di perkampungan Inggris di Pare hingga saat ini.
  2. Lingkungan Kondusif untuk Berbahasa Inggris
    • Lingkungan belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris sangat mendukung untuk belajar, karena setiap bulannya, ada ribuan pelajar datang ke Kampung Inggris demi kelancaran bahasa Inggris mereka.
    • Sehingga mereka tidak perlu malu jika ingin berbicara dengan bahasa Inggris, di mana saja. Meski penduduk asli sana tetap menggunakan bahasa Jawa, namun kamu bisa melatih kefasihan bahasa Inggrismu ke sesama anggota kursus lainnya

3. Lembaga Kursus Variatif

 

Macam macam lembaga kursus di kampung Inggris ini sangat banyak variasi. Mulai dari yang sangat mudah sampai yang paling susah contoh IELTS.

Jika ingin belajar di sini, kamu harus bisa memilih tempat untuk kursus. Pilih lembaga kursus yang sesuai dengan keinginanmu.

4. Alat Transportasi Utama

Ada dua jenis alat transportasi yang biasanya digunakan oleh anggota didik di kampung Inggris, yaitu sepeda dan juga sepeda motor.

Di kampung Inggris ini terdapat banyak sekali jasa persewaan sepeda dan sepeda motor untuk bisa digunakan sebagai alat transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Jadwal Program Sama

Sebagian besar lembaga kursus yang ada di kampung Inggris memulai program di waktu yang bersamaan, yaitu pada tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya.

Jika ingin belajar di sana ada baiknya untuk mendaftar sebelum tanggal-tanggal tersebut. Jangan sampai ketinggalan ya.

Sekian pembahasan artikel tentang 5 Keunikkan Kampung Inggris Pare kediri semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda terimakasih.

How GOOD was this?

Click on a star to rate it!

Average: 0 / 5. Student votes: 0

Be the first to vote!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Leave a Reply